Pages

Kamis, 21 Oktober 2010

Kuil Horyuji, kuil tertua di jepang

Pergi ke jepang belum lengkap jika tidak mampir di kuil. Negeri matahri terbit itu punya lebih dari seribu kuil . Rata-rata di daerah kansai yang meliputi beberapa provinsi, yakni Osaka,Kyoto,Nara dan kobe.

Nara adalah sebuah kota tua. Pada pertengahan abad ke-6, ibukota pertama jepang berada di situ. Dari Tokyo, Nara bisa ditempuh dengan kereta api peluru (Shinkasen) kereta berkcepatan 300km/jam .menuju stasiun Kyoto. Dalam perjalan kita juga bisa melihat pemandangan gunung Fuji lengkap dengan lelehan salju abadinya.

Tiba di Kyoto transit menggunakan bus selama 45 menit , dan kita akan sampai di ibukota pertama Jepang . Sebagai penghormatan setiap tamu yang datang ke Nara akan di suguhi makanan tradisional yang bernama nabe. Makanan yang mirip dengan sup ayam berkaldu yang disajikan dengan tungku menyala. Lengkap dengan jahe dan wasabi untuk menambah sensasi hangat.

Kuil Horyuji adalah sebuah kuil tertua di jepang yang di bangun pada tahun 607. Horyuji dibangun oleh pangeran shotoku untuk mendoakan ayahnya yang sedang sakit .Dan pada tahun 1993, UNESCO perah mengakui Horyuji sebagai situs dunia sekaligus kul budha tertua di dunia.

Namun sayang kayu-kayu yang digunakan untuk membangun kuil ini hanya sebagian yang asli, Ya!, sebab pada tahun 670 terjadi kebakaran hebat yang menghanguskan kuil ini. Pagoda lima tingkat (Goju-No-To) yang di bangun pada periode pertama luluh lantah. Lalu dibangun lagi pada tahun 747. Kini kuil Horyuji dilengkapi dengan alarm kebakaran, untuk menghindari kejadian pada tahun 670 ketika kuil ini terbakar.(hendromessi@gmail.com)

1 komentar:

--- mengatakan...

Hi Hendro, it's Nediel! I have a blogg too, but is all in spanish. Neither, i did'n understand nothing about what you wrote here XD
I'll follow you!

Poskan Komentar