Pages

Senin, 05 Desember 2011

CERN Menantang Anda untuk Menjinakkan Proton

JENEWA, (PRLM).- Large Hadron Collider (LHC) merupakan instrumen kuat untuk menabrak proton. Meskipun dalam ukuran menit, partikel-partikel subatomik memiliki kekuatan besar karena bergerak mendekati kecepatan cahaya melalui terowongan melingkar sepanjang 27 kilometer yang berada di bawah tanah. Jika partikel ini menyimpang sedikit, dapat menyebabkan kerusakan serius pada pemercepat itu sendiri.

Untuk itulah mengapa para ilmuwan harus mengantisipasi pergerakan partikel-partikel tak terduga ini. Fisikawan EPFL Leonid Rivkin dan Igor Zacharov telah mengembangkan sebuah proyek yang memungkinkan siapapun termasuk anda untuk berkontribusi dalam tantangan ini, seperti dipublikasikan dalam siaran pers CERN yang dikutip laman Physorg.com, Senin (24/10).

Memprediksi gerak proton membutuhkan daya komputasi yang besar. Para ilmuwan telah sering mensimulasikan tabrakan-tabrakan pada proton. Secara khusus, mereka dapat memperhitungkan cacat sedikit pun sampai sepersekian milimeter pada 1.232 magnet, yang masing-masing seberat 35 ton. Tantangan tersebut sejauh ini telah berhasil diatasi, karena untuk saat ini tidak ada proton yang menyimpang memecahkan dinding akselerator.

Namun, magnet kuat harus dipasang pada tahun 2020 untuk mengurangi ukuran berkas partikel, dalam rangka meningkatkan ketepatan tumbukan. Dari sudut pandang simulasi, ini adalah sebuah mesin baru. Untuk itulah Igor Zacharov telah menghidupkan kembali program LHC@Home.

Dengan menginstal perangkat lunak sederhana yang berjalan pada sistem operasi Windows, MacOS, atau Linux, siapa pun dapat berkontribusi untuk pengolahan kapasitas pada komputernya.Proyek SixTrack ini, akan berfungsi untuk mencegah proton menabrak dinding LHC pada dekade berikutnya

menuju ke sumber www.pikiran-rakyat.com

0 komentar:

Posting Komentar